Senin, 22 Maret 2010

Solusi Paten Meredam Panas


2010-03-20 14:41:52

41611-bikin-cover-beat-adib.jpgPaling nyebelin kalau bagian tubuh seputar kaki sampai kean sosor knalpot. Apalagi motor baru saja dipakai berpergian, dijamin kulit kaki bakal melepuh. Masalah ini beberapa kali pernah dialami pemilik Honda BeAT lantaran melakukan kesalah riding position. Atau bisa juga karena desain dari pabrikan yang memang kurang sip?

Kesalahan yang dilakukan pengendara skubek biasanya kaki kanan turun lebih dulu saat motor akan berhenti. Kalau kaki kanan agak menjauh dari areal dek enggak masalah, tapi kalau posisi kaki kanan agak ke belakang, tanpa disengaja atau tidak sadar mengarah ke areal kipas pendingin mesin. Bagian betis bisa aja menyentuh leher knalpot.

Kejadian seperti itu memang jarang terjadi. Tapi beberapa pemilik skubek pernah mengalami itu. "Betis saya pernah kena knalpot gara-gara turun pakai kaki kiri duluan," ujar Devitasari pemilik Honda BeAT di bilangan Cinere, Depok.41622-knalpot-beat-endro.jpg

Tuh, ketimbang berisiko mending dilapis aja bagian leher knalpot Honda BeAT dengan cover tambahan. "Bikin cover atau pelindung leher knalpot dari bahan yang tidak menghantar panas," ujar Nurcholis, mekanik bengkel 62C dari kawasan Gandul, Depok (gbr.1).

Untuk aplikasi atau proses pemasangannya juga lumayan gampang. Pertama yang dilakukan adalah bikin bentuk dengan cara dimal pakai karton pada bagian leher knalpot yang akan ditutup cover. Biar manis, bentuknya harus meyesuaikan bagian leher knalpot tadi.

Setelah mal jadi, giliran aplikasi ukurannya pada bahan yang akan dipakai. Lalu potong sesuai bentuk mal dengan gunting khusus. "Pilih bahan yang tidak menghantar panas. Seperti plastik tebal atau pelat aluminum," lanjut Cholis sapaan akrabnya.Lanjut! Biar bisa nempel pada leher knalpot, terlebih dahulu kudu pasang pada dudukan atau breket covernya lebih dulu. Dengan pasang dua buah mur pada bagian leher. "Caranya bisa memanfaatkan mur 8 inci yang ditempel dengan las pada bagian tengah leher knalpot yang terbuka," ujar Cholis lagi.

Setelah dua buah mur ditempel, jangan lupa lubangi bagian cover yang ukurannya sesuai dengan dudukan mur. Baru deh cover pelindung leher knalpot tadi dikunci dengan baut sesuai dudukan yang sudah dibuat. Namun agar tidak meleleh, antara cover dan mur disarankan juga ditahan pakai ring pelindung dari bahan tahan panas.

Bisa juga dengan membungkus leher knalpot. Umumnya dipakai pada mobil untuk kepentingan kompetisi agar panas dari manifold tidak sampai ke ruang mesin (gbr. 2). Gampang, toh...!

Penulis/Foto : Belo/Endro, Adib

Motorplus-online.com

Tidak ada komentar: